Senin, 19 November 2012

Remote Mikrotik

Terdapat beberapa cara untuk me-remote Mikrotik, antara lain :
1.        Me-remote dengan Winbox
Winbox Merupakan aplikasi yang mengubah hitam – putihnya Mikrotik menjadi mode GUI yang user friendly dibidang dengan  router lainnya yang masih menggunakan console mode. 



Jadi terdapat dua metode untuk me-remote Mikrotik melalui Winbox, yaitu dengan menginput langsung alamat IP atau melalui alamat MAC Ethernet router. Jika mikrotik belum menggunakan IP, maka gunakan alamat MAC. Jika Mikrotik sudah menggunakan IP,maka gunakan alamat IP dengan cara mengetikkan nomer IP pada kolom Connect To dengan diakhiri dengan menekan tombol Connect.

Berikut adalah tampilan gambar dari wibox yang berhasil me-remote
Mikrotik.



2.        Me-remote dengan Browser
                   Syarat agar komputer Mikrotik dapat di-remoute dari browser adalah Mikrotik tersebut sudah mempunyai alamat IP. Ketikkan alamat IP pada “address bar” Internet Explorer atau sejenisnya, misalkan IPnya 10.10.70.130  lalu  tekan Enter.



Untuk me-remote dengan cara browser, masukkan (login default) user admin dan (password default) kosong (tidak diisi) pada pojok kanan atas , lalu klik “login”. Jika berhasil akan muncul menu berbasis web seperti tampak pada gambar di baeah ini.


3.        Me-remote dengan Telnet
Anda dapat me-remote Mikrotik menggunakan telnet melalui program aplikasi “command prompt” (cmd) bawaan Windows. Untuk menggunakan aplikasi telnet, ketikkan perintah telnet diikuti dengan nomer IP komputer yang akan di-remote seperti tampak pada gambar berikut


Akan muncul menu login user. Gunakan user admin dengan password default      kosong (tidak diisi) kemudian tekan Enter. Jika berhasil akan muncul gambar
tampilan welcome screen Mikrotik.
4.        Me-remote dengan SSH
Jika kita mengguanakan memakai windows, kita dapat me-remote Mikrotik melalui rotocol ssh menggunakan aplikasi Putty. Untuk melakukannya, massukan IP address 10.10.70.130  pada kolom Host name (or IP address) kemudian klik Open.


Jika berhasil akan muncul menu login user. Masukkan user dan password   
anda lalu  tekan Enter. Jika berhasil akan muncul gambar tampilan
welcome   screen Mikrotik

0 komentar:

Poskan Komentar

Hilman Arta Wijaya. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © . Blogger Shared - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger